Jaminan 100%

“Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Akan hidup terus setelah mati

“Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” .

Free Consultations

Konsultasi gratis di halaman Konsultasi. Konsultasi via email abuhening@gmail.com hanya untuk Layanan klien.

Penaklukan penaklukan setelah Damaskus

Posted by


Tarikh Al-Khulafaaur Raasyidiin (ke-39)
Khalifah 'Umar bin Al-Khaththab (6)
10. Penaklukan penaklukan setelah Damaskus
Di dalam kitab tarikh Al-Bidaayah wan Nihaayah disebutkan :


ثُمَّ اِنَّ اَبَا عُبَيْدَةَ بَعَثَ خَالِدَ بْنَ الْوَلِيْدِ اِلَى الْبِقَاعِ، فَفَتَحَهُ بِالسَّيْفِ. وَبَعَثَ سَرِيَّةً فَالْتَقَوْا مَعَ الرُّوْمِ بِعَيْنِ مَيْسَنُوْنَ، وَعَلَى الرُّوْمِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ سِنَانُ، تَحَدَّرَ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ عَقَبَةِ بَيْرُوْتَ، فَقُتِلَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ يَوْمَئِذٍ جَمَاعَةٌ مِنَ الشُهَدَآءِ. فَكَانُوْا يُسَمُّوْنَ عَيْنَ مَيْسَنُوْنَ عَيْنَ الشُّهَدَآءِ. وَاسْتَخْلَفَ اَبُو عُبَيْدَةَ عَلَى دِمَشْقَ يَزِيْدَ بْنَ اَبِي سُفْيَانَ كَمَا وَعَدَهُ بِهَا الصّدّيْقُ. وَبَعَثَ يَزِيْدُ دِحْيَةَ بْنَ خَلِيْفَةَ اِلَى تَدْمُرَ فِي سَرِيَّةٍ لِيُمَهّدُوْا اَمْرَهَا. وَبَعَثَ اَبَا الزَّهْرَاءِ الْقُشَيْرِيَّ اِلَى اْلبُثَيْنَةِ وَحَوْرَانَ، فَصَالَحَ اَهْلُهَا.البداية و النهاية 7: 28
Setelah penaklukan Damaskus, kemudian Abu 'Ubaidah mengirim Khalid bin Walid menuju Al-Biqaa'. Dan akhirnya Khalid berhasil menaklukkannya dengan pedang. Dan Abu 'Ubaidah memberangkatkan pasukan yang kemudian bertemu dengan pasukan Romawi di 'Ain Maisanun. Pada waktu itu pasukan Romawi dipimpin oleh seorang panglima yang bernama Sinaan, ia datang untuk menyerang kaum muslimin dari arah aqabah Beirut. Pada pertempuran itu banyak dari tentara kaum muslimin yang terbunuh sebagai syuhadaa'. Maka mereka menamakan 'Ain Maisanun itu dengan 'Ainusy Syuhadaa' (Mata air Syuhadaa'). Abu 'Ubaidah menyerahkan pimpinan Damaskus untuk sementara waktu kepada Yazid bin Abu Sufyan, sebagaimana yang dijanjikan oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq kepadanya. Kemudian Yazid mengirim Dihyah bin Khalifah ke Tadmur dalam satu rombongan pasukan untuk membuka daerah itu. Abu 'Ubaidah juga mengirim Abu Zahraa' Al-Qusyairiy ke Al-Butsainah dan Hauraan. Kemudian penduduk tersebut memilih berdamai. [Al-Bidaayah wan Nihaayah juz 7, hal. 28]

قَالَ اَبُوْ عُبَيْدٍ اْلقَاسِمُ بْنُ سَلَامٍ رَحِمَهُ اللهُ: اِفْتَتَحَ خَالِدٌ دِمَشْقَ صُلْحًا، وَه?كَذَا سَائِرُ مُدُنِ الشَّامِ كَانَتْ صُلْحًا دُوْنَ اَرَضِيْهَا فَعَلَى يَدَيْ يَزِيْدَ بْنِ اَبِي سُفْيَانَ وَشُرَحْبِيْلَ بْنِ حَسَنَةَ وَاَبِي عُبَيْدَةَ. وَقَالَ اْلوَلِيْدُ بْنُ مُسْلِمٍ: اَخْبَرَنِي غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ شُيُوْخِ دِمَشْقَ: بَيْنَمَا هُمْ عَلَى حِصَارِ دِمَشْقَ اِذْ اَقْبَلَتْ خَيْلٌ مِنْ عَقَبَةِ السَّلَمِيَّةِ مُخَمَّرَةٌ بِالْحَرِيْرِ، فَثَارَ اِلَيْهِمُ الْمُسْلِمُوْنَ، فَاْلتَقَوْا فِيْمَا بَيْنَ بَيْتِ لَهْيَا وَاْلعَقَبَةِ الَّتِي اَقْبَلُوْا مِنْهَا، فَهَزَمُوْهُمْ وَطَرَدُوْهُمْ اِلَى اَبْوَابِ حِمْصَ. فَلَمَّا رَأَى اَهْلُ حِمْصَ ذ?لِكَ ظَنُّوْا اَنَّهُمْ قَدْ فَتَحُوْا دِمَشْقَ. فَقَالَ لَهُمْ اَهْلُ حِمْصَ: اِنَّا نُصَالِحُكُمْ عَلَى مَا صَالَحْتُمْ عَلَيْهِ اَهْلُ دِمَشْقَ. فَفَعَلُوْا. البداية و النهاية 7: 28
Abu 'Ubaid Al-Qaasim bin Salaam rahimahullah berkata : Khalid menaklukkan Damaskus dengan damai, begitu pula seluruh kota-kota di wilayah Syam ditaklukkan dengan damai, selain wilayah-wilayah yang ditaklukkan oleh Yazid bin Abu Sufyan, Syurahbil bin Hasanah, dan Abu 'Ubaidah.
Al-Walid bin Muslim berkata : Para Syaikh di Damaskus memberitahukan kepadaku, ketika Damaskus sedang dikepung, tiba-tiba datang pasukan berkuda dari aqabah As-Salamiyyah, kuda-kuda mereka dibalut dengan sutera, maka kaum muslimin bangkit mengejar mereka. Akhirnya kedua pasukan bertemu diantara Baitu Lahya dengan aqabah yang musuh datangnya dari arah tersebut, lalu kaum muslimin berhasil mengalahkan mereka dan mendesak mereka hingga ke pintu-pintu Himsha. Ketika penduduk Himsha melihat peristiwa itu, mereka yaqin bahwa kaum muslimin telah menaklukkan Damaskus,maka penduduk Himsha langsung minta berdamai, dan mereka berkata, "Kami akan berdamai dengan kalian sebagaimana kalian telah mengikat perdamaian dengan penduduk Damaskus". Akhirnya kaum muslimin menerima perdamaian tersebut. [Al-Bidaayah wan Nihaayah juz 7, hal. 28]

وَقَالَ خَلِيْفَةُ بْنُ خَيَّاطٍ حَدَّثَنِى عَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُغِيْرَةِ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: اِفْتَتَحَ شُرَحْبِيْلُ بْنُ حَسَنَةَ اْلأُرْدُنَ كُلَّهَا عُنْوَةً مَا خَلَا طَبَرِيَّةَ، فَاِنَّ اَهْلَهَا صَالَحُوْهُ، وَه?كَذَا قَالَ ابْنُ الْكَلْبِيّ وَقَالَا: بَعَثَ اَبُو عُبَيْدَةَ خَالِدًا، فَغَلَبَ عَلَى اَرْضِ الْبِقَاعِ، وَصَالَحَهُ اَهْلُ بَعْلَبَكَّ وَكَتَبَ لَهُمْ كِتَابًا. وَقَالَ ابْنُ الْمُغِيْرَةِ عَنْ اَبِيْهِ: وَصَالَحَهُمْ عَلَى أَنْصَافِ مَنَازِلِهِمْ وَكَنَائِسِهِمْ، وَوَضَعَ الْخَرَّاجَ. وَقَالَ ابْنُ اِسْحَاقَ وَغَيْرُهُ: وَفِي سَنَةِ اَرْبَعَ عَشْرَةَ فُتِحَتْ حِمْصُ وَبَعْلَبَكُّ صُلْحًا عَلَى يَدَيْ اَبِي عُبَيْدَةَ فِي ذِي اْلقَعْدَةِ. قَالَ خَلِيْفَةُ، وَيُقَالُ فِي سَنَةِ خَمْسَ عَشْرَةَ. البداية و النهاية 7: 28
Khalifah bin Khayyath berkata : Telah menceritakan kepadaku 'Abdullah bin Al-Mughirah dari ayahnya, dia berkata, "Syurahbil bin Hasanah berhasil menaklukkan Yordania semuanya dengan peperangan, kecuali Thabariyyah, karena penduduknya minta berdamai". Begitu juga yang dikatakan oleh Ibnul Kalbiy, keduanya berkata : Abu 'Ubaidah mengirim Khalid untuk menaklukkan negeri Al-Biqaa', dan Khalid berhasil menaklukkannya, dan ia berdamai dengan penduduk Ba'labak dan menulis untuk mereka surat perjanjian. Ibnul Mughirah mendapat berita dari ayahnya bahwa Khalid mengikat perjanjian damai dengan mereka dengan ketentuan mereka wajib membayar separo dari rumah-rumah mereka dan gereja-gereja mereka, dan Khalid membebaskan mereka dari pajak hasil bumi". Ibnu Ishaq dan lainnya mengatakan, "Pada tahun 14 H Himsha dan Ba'labak ditaklukkan dengan cara damai oleh Abu 'Ubaidah, yaitu pada bulan Dzulqa'dah. Khalifah bin Khayyath berkata, "Ada yang mengatakan bahwa perjanjian itu terjadi pada tahun 15 H". [Al-Bidaayah wan Nihaayah juz 7, hal. 28]

11. Penaklukan Fihl
Di dalam kitab Tarikh Al-Bidaayah wan Nihaayah disebutkan sebagai berikut :

وَ قَدْ ذَكَرَهَا كَثِيْرٌ مِنْ عُلَمَاءِ السَّيْرِ قَبْلَ فَتْحِ دِمَشْقَ، وَ اِنَّمَا ذَكَرَهَا اْلاِمَامُ اَبُو جَعْفَرِ بْنُ جَرِيْرٍ بَعْدَ فَتْحِ دِمَشْقَ، وَ تَبِعَ فِى ذ?لِكَ سِيَاقَ سَيْفِ بْنِ عُمَرَ فِيْمَا رَوَاهُ عَنْ اَبِى عُثْمَانَ يَزِيْدَ بْنِ اُسَيْدٍ اْلغَسَّانِيّ وَ اَبِى حَارِثَةَ اْلقَيْسِيّ قَالَا: خَلَّفَ النَّاسَ يَزِيْدَ بْنَ اَبِي سُفْيَانَ فِي خَيْلِهِ فِي دِمَشْقَ، وَسَارَ نَحْوَ فِحْلٍ، وَعَلَى النَّاسِ الَّذِيْنَ هُمْ بِاْلغَوْرِ شُرَحْبِيْلُ بْنُ حَسَنَةَ. وَسَارَ اَبُو عُبَيْدَةَ وَقَدْ جَعَلَ عَلَى الْمَقْدَمَةِ خَالِدَ بْنَ اْلوَلِيْدِ، وَاَبُو عُبَيْدَةَ عَلَى الْمَيْمَنَةِ، وَعَمْرُو بْنُ اْلعَاصّ عَلَى الْمَيْسَرَةِ، وَعَلَى الْخَيْلِ ضِرَارُ بْنُ اْلاَزُوْرِ، وَعَلَى الرَّجَّالَةِ عِيَاضُ بْنُ غَنْمٍ. فَوَصَلُوْا اِلَى فِحْلٍ وَهِيَ بَلْدَةٌ بِالْغَوْرِ، وَقَدْ اِنْحَازَ الرُّوْمُ اِلَى بَيْسَانَ وَاَرْسَلُوْا مِيَاهَ تِلْكَ اْلاَرَاضِي عَلَى هُنَالِكَ مِنَ اْلاَرَاضِي، فَحَالَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ الْمُسْلِمِيْنَ. البداية و النهاية 7: 28
Banyak para 'ulama tarikh yang mengatakan bahwa peperangan ini terjadi sebelum penaklukan Damaskus, tetapi Abu Ja'far Ibnu Jarir Ath-Thabariy menyebutkan bahwa peperangan ini terjadi setelah penaklukan Damaskus. Ia mengikuti perkataan Saif bin 'Umar , ia meriwayatkan dari Abu 'Utsman Yazid bin Usaid Al-Ghassaaniy dan Abu Haritsah Al-Qaisiy, keduanya berkata : Abu 'Ubaidah menyerahkan kepada Yazid bin Abu Sufyan dengan pasukan berkudanya untuk menggantikannya di Damaskus, kemudian Abu 'Ubaidah berangkat ke Fihl, dan yang menjadi komandan pasukan di Alghaur adalah Syurahbil bin Hasanah. Abu 'Ubaidah menempatkan Khalid di bagian terdepan pasukan, sedangkan Abu 'Ubaidah di sebelah kanan pasukan dan 'Amr bin Al-'Aash di sebelah kiri. Pasukan berkuda dipimpin oleh Dlirar bin Al-Azuur, sedangkan pasukan berjalan kaki dipimpin oleh 'Iyaadl bin Ghanmin. Akhirnya mereka sampai di Fihl, sebuah kota yang masuk ke dalam wilayah Alghaur. Sementara tentara Romawi telah melewati Baisaan, dan mereka merubah jalur aliran air sungai ke arah mereka, sehingga dapat mereka jadikan penghalang dari pasukan kaum muslimin. [Al-Bidaayah wan Nihaayah juz 7, hal. 28]

وَاَرْسَلَ الْمُسْلِمُوْنَ اِلَى عُمَرَ يُخْبِرُوْنَهُ بِمَا هُمْ فِيْهِ مِنْ مُصَابَرَةِ عَدُوّهِمْ وَمَا صَنَعَهُ الرُّوْمُ مِنْ تِلْكَ الْمَكِيْدَةِ، اِلَّا اَنَّ الْمُسْلِمِيْنَ فِي عَيْشٍ رَغِيْدٍ وَمَدَدٍ كَبِيْرٍ، وَهُمْ عَلَى أَهْبَةٍ مِنْ اَمْرِهِمْ. وَاَمِيْرُ ه?ذَا الْحَرْبِ شُرَحْبِيْلُ بْنُ حَسَنَةَ وَهُوَ لَا يَبِيْتُ وَلَا يُصْبِحُ اِلَّا عَلَى تَعْبِئَةٍ. وَظَنَّ الرُّوْمُ اَنَّ الْمُسْلِمِيْنَ عَلَى غَرَّةٍ، فَرَكِبُوْا فِيْ بَعْضِ اللَّيَالِي لِيَبِيْتُوْهُمْ، وَعَلَى الرُّوْمِ سِقْلَابُ بْنُ مِخْرَاقَ، فَهَجَمُوْا عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ، فَنَهَضُوْا اِلَيْهِمْ نَهْضَةَ رَجُلٍ وَاحِدٍ لِاَنَّهُمْ عَلَى أَهْبَةٍ دَائِمًا، فَقَاتَلُوْهُمْ حَتَّى الصَّبَاحِ وَذ?لِكَ الْيَوْمِ بِكَمَالِهِ اِلَى اللَّيْلِ. فَلَمَّا اَظْلَمَ اللَّيْلُ فَرَّ الرُّوْمُ وَقُتِلَ اَمِيْرُهُمْ سِقْلَابُ، وَرَكِبَ الْمُسْلِمُوْنَ اَكْتَافَهُمْ وَاَسْلَمَتْهُمْ هَزِيْمَـتَهُمْ اِلَى ذ?لِكَ اْلوَحْلِ الَّذِيْ كَانُوْا قَدْ كَادُوْا بِهِ الْمُسْلِمِيْنَ فَغَرَّقَهُمُ اللهُ فِيْهِ وَقَتَلَ مِنْهُمُ الْمُسْلِمُوْنَ بِاَطْرَافِ الرّمَّاحِ مَا قَارَبَ الثَّمَانِيْنَ اَلْفًا لَمْ يَنْجُ مِنْهُمْ اِلَّا الشَّرِيْدُ، وَغَنَمُوْا مِنْهُمْ شَيْئًا كَثِيْرًا وَمَالًا جَزِيْلًا. البداية و النهاية 7: 29
Kaum muslimin mengirim surat kepada Khalifah 'Umar melaporkan tentang kondisi mereka dan ketangguhan musuh serta strategi yang telah dilakukan oleh tentara Romawi, namun kaum muslimin memiliki banyak bahan makanan dan pasukan yang cukup besar, dan mereka selalu dalam keadaan siap dan waspada menghadapi pasukan Romawi. Dalam peperangan ini yang menjadi pemimpin pasukan muslimin adalah Syurahbil bin Hasanah, dia selalu dalam keadaan siaga, baik siang maupun malam. Pasukan Romawi mengira bahwa kaum muslimin sedang dalam keadaan lengah, maka pada malam hari mereka bergerak menyerbu kaum muslimin, dan panglima pasukan Romawi dalam perang ini adalah Siqlab bin Mikhraq. Maka kaum muslimin bangkit menyambut serangan ini. Seluruh pasukan Islam bertempur melawan mereka secara bersama-sama berperang hingga pagi hari, siangnya dan terus berlanjut hingga malam. Ketika malam telah gelap, tentara Romawi merasa kalah, mereka lalu melarikan diri sedangkan panglima mereka Siqlab mati terbunuh. Melihat tentara Romawi lari kocar-kacir, maka pasukan Islam segera mengejar dan menggiring mereka ke tanah yang berlumpur penuh air yang semula telah dipersiapkan oleh pasukan musuh untuk menjebak tentara muslimin, maka akhirnya Allah menenggelamkan mereka ke dalam kubangan lumpur yang telah mereka buat sendiri. Pada waktu itu kaum muslimin berhasil membunuh tentara Romawi dengan tombak-tombak mereka, kira-kira 80.000 orang. Dan tidak ada yang selamat dari mereka itu kecuali orang-orang yang  berhasil melarikan diri. Pada peperangan ini kaum muslimin mendapat harta rampasan perang yang sangat banyak. [Al-Bidaayah wan Nihaayah juz 7, hal. 29]

12. Penaklukan Baisaan dan Thabariyah.
Dalam kitab Tarikh Al-Bidaayah wan Nihaayah disebutkan sebagai berikut :

وَانْصَرَفَ اَبُو عُبَيْدَةَ وَخَالِدٌ بِمَنْ مَعَهُمَا مِنَ الْجُيُوْشِ نَحْوَ حِمْصَ كَمَا اَمَرَ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عُمَرُ ابْنُ الْخَطَّابِ. وَاسْتَخْلَفَ اَبُو عُبَيْدَةَ عَلَى اْلأُرْدُنِ شُرَحْبِيْلَ بْنَ حَسَنَةَ، فَسَارَ شُرَحْبِيْلُ وَمَعَهُ عَمْرُو بْنُ الْعَاصِ فَحَاصَرَ بَيْسَانَ، فَخَرَجُوْا اِلَيْهِ فَقُتِلَ مِنْهُمْ مَقْتَلَةً عَظِيْمَةً، ثُمَّ صَالَحُوْهُ عَلَى مِثْلِ مَا صَالَحَتْ عَلَيْهِ دِمَشْقُ وَضَرَبَ عَلَيْهِمُ اْلجِزْيَةَ وَالْخَرَّاجَ عَلَى اَرَاضِيْهِمْ، وَكَذ?لِكَ فَعَلَ اَبُو اْلاَعْوَرِ السُّلَمِيُّ بِاَهْلِ طَبَرِيَّةَ سَوَاءً. البداية و النهاية 7: 29
Kemudian Abu 'Ubaidah, Khalid beserta pasukan mereka berangkat ke Himsha sebagaimana yang diperintahkan Amirul Mu'minn 'Umar bin Al-Khaththab. Dan Abu 'Ubaidah telah memilih Syurahbil bin Hasanah sebagai komandan pasukan untuk menaklukkan wilayah Yordania. Syurahbil segera berangkat bersama 'Amr bin Al-'Aash dan pasukannya. Mereka lalu mengepung Baisaan. Ketika penduduk Baisaan keluar untuk melawan kaum muslimin, maka pasukan Syurahbil menyerbu mereka dan berhasil membunuh pasukan musuh dalam jumlah yang sangat besar. Kemudian mereka meminta berdamai sebagaimana yang terjadi di Damaskus, yaitu mereka berkewajiban membayar jizyah dan pajak hasil bumi. Dan sama seperti itu pula yang dilakukan oleh Abul A'war As-Sulamiy (yang ditugaskan oleh Abu 'Ubaidah) terhadap penduduk Thabariyah. [Al-Bidaayah wan Nihaayah juz 7, hal. 29]
Bersambung.,,,,,,,,,,


Demo Blog NJW V2 Updated at: 02:27

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik, & nama blog) otomatis tidak akan muncul. Silahkan di Copy dan di Share kalau di rasa bermanfaat tidak perlu izin. Jika menginginkan Link Tinggalkan alamat Email, Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Thx