Jaminan 100%

“Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Akan hidup terus setelah mati

“Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” .

Free Consultations

Konsultasi gratis di halaman Konsultasi. Konsultasi via email abuhening@gmail.com hanya untuk Layanan klien.

Tentang Nadzar, Halal Haram Dalam Islam (ke-33)

Posted by

Halal Haram Dalam Islam (ke-33)

Tentang Nadzar
       Firman Allah SWT :
وَ مَا اَنْفَقْتُمْ مّنْ نَفَقَةٍ اَوْ نَذَرْتُمْ مّنْ نَذْرٍ فَإِنَّ اللهَ يَعْلَمُهُ وَ مَا لِلظّلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ. البقرة:270
Apa saja yang kamu nafkahkan atau apa saja yang kamu nadzarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat dhalim tidak ada seorang penolongpun baginya. [QS. Al-Baqarah : 270]

لاَ يُؤخِذُكُمُ اللهُ بِاللَّغْوِ فِيْ اَيْمَانِكُمْ وَ لكِنْ يُّؤَاخِذُكُمْ بِمَا عَقَّدْتُمُ اْلاَيْمَانَ فَكَفَّارَتُه اِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِيْنَ مِنْ اَوْسَطِ مَا تُطْعِمُوْنَ اَهْلِيْكُمْ اَوْ كِسْوَتُهُمْ اَوْ تَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ، فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ، ذلِكَ كَفَّارَةُ اَيْمَانِكُمْ اِذَا حَلَفْتُمْ وَ احْفَظُوْا اَيْمَانَكُمْ كَذلِكَ يُبَيّنُ اللهُ لَكُمْ ايتِه لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ. المائدة:89
Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya). [QS. Al-Maidah : 89]

1. Nadzar yang harus dipenuhi.

عَنْ ثَابِتِ بْنِ الضَّحَّاكِ قَالَ: نَذَرَ رَجُلٌ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ ص اَنْ يَنْحَرَ اِبِلاً بِبُوَانَةَ، فَاَتَى النَّبِيَّ ص فَقَالَ: اِنِّى نَذَرْتُ اَنْ اَنْحَرَ اِبِلاً بِبُوَانَةَ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: هَلْ كَانَ فِيْهَا وَثَنٌ مِنْ اَوْثَانِ اْلجَاهِلِيَّةِ يُعْبَدُ؟ قَالُوْا: لاَ. قَالَ: هَلْ كَانَ فِيْهَا عِيْدٌ مِنْ اَعْيَادِهِمْ؟ قَالُوْا: لاَ. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَوْفِ بِنَذْرِكَ، فَاِنَّهُ لاَ وَفَاءَ لِنَذْرٍ فِى مَعْصِيَّةِ اللهِ، وَ لاَ فِيْمَا لاَ يَمْلِكُ ابْنُ آدَمَ. ابو داود
Dari Tsabit bin Dlahhak RA dia berkata, ada seorang laki-laki bernadzar di masa Rasulullah SAW untuk menyembelih unta di Buwanah. Lalu orang itu datang kepada Nabi SAW dan berkata, “Sesungguhnya saya bernadzar untuk menyembelih seekor unta di Buwanah”. Maka Nabi SAW bertanya, “Apakah di sana ada sebuah patung jahiliyah yang disembah ?”. Shahabat menjawab, “Tidak ada”. Beliau bertanya, “Adakah di sana upacara hari raya mereka ?”. Jawab shahabat, “Tidak ada”. Rasulullah SAW bersabda, “Laksanakanlah nadzarmu, sesungguhnya tidak boleh dilaksanakan nadzar untuk makshiyat kepada Allah, dan tidak pula sesuatu yang tidak dimiliki anak Adam”. [HR. Abu Dawud]

عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ اَنَّ امْرَأَةً اَتَتِ النَّبِيَّ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى نَذَرْتُ اَنْ اَضْرِبَ عَلَى رَأْسِكَ بِالدُّفِّ. قَالَ: اَوْفِى بِنَذْرِكِ. قَالَتْ: اِنِّى نَذَرْتُ اَنْ اَذْبَحَ بِمَكَانٍ كَذَا وَ كَذَا، مَكَانٌ كَانَ يَذْبَحُ فِيْهِ اَهْلُ اْلجَاهِلِيَّةِ، قَالَ: لِصَنَمٍ؟ قَالَتْ: لاَ. قَالَ: لِوَثَنٍ؟ قَالَتْ: لاَ. قَالَ: اَوْفِى بِنَذْرِكِ. ابو داود
Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa seorang perempuan mendatangi Nabi SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya bernadzar untuk memukul rebana di hadapan engkau”. Beliau bersabda, “Laksanakanlah nadzarmu”. Kata wanita itu, “Sesungguhnya saya bernadzar untuk menyembelih di tempat ini dan ini, suatu tempat yang biasa digunakan orang-orang jahiliyah untuk menyembelih”. Beliau bersabda, “ (Menyembelih) untuk patung ?”. Jawab wanita itu, “Tidak”. Beliau bertanya, “Untuk berhala ?”. Jawab wanita itu, “Tidak”. Beliau bersabda, “Laksanakanlah nadzarmu”.

عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ فِى قِصَّتِهِ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ مِنْ تَوْبَتِى اِلَى اللهِ اَنْ اُخْرِجَ مِنْ مَالِى كُلِّهِ اِلَى اللهِ وَ اِلَى رَسُوْلِهِ صَدَقَةً. قَالَ: لاَ. قُلْتُ: فَنِصْفَهُ. قَالَ: لاَ. قُلْتُ: ثُلُثَهُ: قَالَ: نَعَمْ. قُلْتُ: فَاِنِّى سَاُمْسِكُ سَهْمِيَ من خَيْبَرَ. ابو داود
Dari Ka’ab bin Malik dalam kisahnya ia berkata : Aku berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya diantara taubatku kepada Allah, aku akan menyerahkan semua hartaku kepada Allah dan Rasul-Nya sebagai sedeqah”. Nabi SAW bersabda, “Jangan”. Aku berkata, “Bagaimana kalau separohnya ?”. Nabi SAW bersabda, “Jangan”. Aku berkata, “Bagaimana kalau sepertiganya ?”. Nabi SAW bersabda, ”Ya”. Aku berkata, “Maka aku akan menahan bagianku yang berada di Khaibar”. [HR. Abu Dawud]

2. Nadzar yang tidak boleh dilaksanakan

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ نَذَرَ اَنْ يُطِيْعَ اللهَ فَلْيُطِعْهُ، وَ مَنْ نَذَرَ اَنْ يَعْصِىَ اللهَ فَلاَ يَعْصِهِ. ابو داود و البخارى و الترمذى و النسائى و ابن ماجه
Dari Aisyah RA, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bernadzar untuk thaat kepada Allah, hendaklah ia mentaati-Nya. Dan barangsiapa bernadzar untuk mendurhakai Allah, maka janganlah ia mendurhakai-Nya”. [HR. Abu Dawud, Bukhari, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اَدْرَكَ شَيْخًا يَمْشِى بَيْنَ ابْنَيْهِ يَتَوَكَّأُ عَلَيْهِمَا. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: مَا شَأْنُ هذَا؟ فَقَالَ ابْنَاهُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، كَانَ عَلَيْهِ نَذْرٌ.فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اِرْكَبْ اَيُّهَا الشَّيْخُ، فَاِنَّ اللهَ غَنِيٌّ عَنْكَ وَ عَنْ نَذْرِكَ. مسلم
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Nabi SAW bertemu dengan seorang tua yang berjalan dipapah kedua anaknya. Beliau bertanya, “Mengapa orang ini ?”. Kedua anaknya berkata, “Wahai Rasulullah, ia bernadzar”. Beliau bersabda, “Berkendaraanlah hai orang tua. Allah tidak butuh kamu dan nadzarmu”. [HR. Muslim]

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ رض اَخْبَرَهُ اَنَّهُ سَأَلَ النَّبِيَّ ص عَنْ اُخْتٍ لَهُ نَذَرَتْ اَنْ تَحُجَّ حَافِيَةً غَيْرَ مُخْتَمِرَةٍ فَقَالَ: مُرُوْهَا فَلْتَخْتَمِرْ وَ لْتَرْكَبْ وَ لْتَصُمْ ثَلاَثَةَ اَيَّامٍ. ابو داود و الترمذى و النسائى و ابن ماجه و قال الترمذى
Dari ‘Uqbah bin Amir RA, ia memberitahukan kepada (‘Abdullah bin Malik) bahwa dia bertanya kepada Nabi SAW tentang saudara perempuannya yang bernadzar untuk naik haji tanpa beralas kaki, lagi tanpa tutup kepala. Maka beliau bersabda, “Suruhlah dia memakai tutup kepala, dan berkendaraan. Lalu hendaklah ia berpuasa tiga hari”. [HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ اِلَى النَّبِيِّ ص فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ اُخْتِى نَذَرَتْ يَعْنِى اَنْ تَحُجَّ مَشِيَةً. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اِنَّ اللهَ لاَ يَصْنَعُ بِشَقَاءِ اُخْتِكَ شَيْئًا، فَلْتَحُجَّ رَاكِبَةً وَ لْتُكَفِّرْ عَنْ يَمِيْنِهَا. ابو داود
Dari Ibnu Abbas RA, dia berkata, Seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saudara perempuanku bernadzar dengan maksud berhaji berjalan kaki”. Maka Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah sama sekali tidak membuat saudara perempuanmu celaka. Maka hendaklah dia berhajji dengan berkendaraan, dan bayarlah kaffarah sumpahnya”. [HR. Abu Dawud]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: بَيْنَمَا النَّبِيُّ ص يَخْطُبُ اِذَا هُوَ بِرَجُلٍ قَائِمٍ بِالشَّمْسِ فَسَأَلَ عَنْهُ، فَقَالُوْا: هذَا اَبُوْ اِسْرَائِيْلَ نَذَرَ اَنْ يَقُوْمَ وَ لاَ يَقْعُدَ وَ لاَ يَسْتَظِلَّ وَ لاَ يَتَكَلَّمَ وَ يَصُوْمَ. قَالَ: مُرُوْهُ فَلْيَتَكَلَّمْ وَ لْيَسْتَظِلَّ وَ لْيَقْعُدْ وَ لْيُتِمَّ صَوْمَهُ. ابو داود و البخارى و ابن ماجه
Dari Ibnu Abbas RA dia berkata : Sewaktu Nabi SAW berkhutbah, lalu
ada seorang laki-laki berdiri di terik matahari. Maka beliau menanyakannya. Shahabat menjawab, “Ini Abu Israil. Dia bernadzar untuk berdiri tidak duduk, tidak berteduh, tidak berbicara dan ia berpuasa”. Beliau bersabda, “Suruhlah dia berbicara, berteduh, duduk dan hendaklah dia menyempurnakan puasanya”. [HR. Abu Dawud, Bukhari dan Ibnu Majah]

3. Kaffarah nadzar sama dengan kaffarah sumpah

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: كَفَّارَةُ النَّذْرِ كَفَّارَةُ اْليَمِيْنِ. مسلم
Dari ‘Uqbah bin Amir dari Rasulullah SAW beliau bersabda, “Kaffarah nadzar itu sama dengan kaffarah sumpah”. [HR. Muslim]

عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ نَذْرَ فِى مَعْصِيَةٍ وَ كَفَّارَتُهُ كَفَّارَةُ يَمِيْنٍ. ابو داود و الترمذى و ابن ماجه
Dari Aisyah RA, bahwa Nabi SAW bersabda, “Tak ada nadzar dalam kemaksiatan. Dan kaffarahnya adalah kaffarah sumpah”. [HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah]

4. Nadzar ketika masih kafir

عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّهُ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى نَذَرْتُ فِى اْلجَاهِلِيَّةِ اَنْ اَعْتَكِفَ فِى اْلمَسْجِدِ اْلحَرَامِ لَيْلَةً. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: اَوْفِ بِنَذْرِكَ. ابو داود و البخارى و مسلم و الترمذى و النسائى و ابن ماجه
Dari Umar bin Khaththab RA, bahwa dia berkata, “Wahai Rasulullah,
sesungguhnya di masa jahiliyah saya bernadzar untuk beri’tikaf di Masjidil Haram semalam”. Maka Nabi SAW bersabda kepadanya, “Laksanakanlah nadzarmu”. [HR. Abu Dawud, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah]

5. Nadzar shalat di Baitul Maqdis

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض اَنَّ رَجًلاً قَامَ يَوْمَ اْلفَتْحِ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى نَذَرْتُ ِللهِ اِنْ فَتَحَ اللهُ عَلَيْكَ مَكَّةَ اَنْ اُصَلِّيَ فِى بَيْتِ اْلمَقْدِسِ رَكْعَتَيْنِ. قَالَ: صَلِّ هَاهُنَا. ثُمَّ اَعَادَ عَلَيْهِ. فَقَالَ صَلِّ هَاهُنَا. ثُمَّ اَعَادَ عَلَيْهِ فَقَالَ: شَأْنَكَ اِذَنْ. ابو داود
Dari Jabir bin Abdillah RA, bahwa seorang laki-laki berdiri pada hari Fathu Makkah. Lalu dia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya bernadzar karena Allah. Jika Allah menaklukkan Makkah kepada engkau, saya akan mengerjakan shalat dua rekaat di Baitul Maqdis”. Beliau bersabda, “Shalatlah di sini”. Kemudian orang itu mengulangi perkataannya kepada beliau, maka beliau bersabda, “Shalatlah di sini”. Kemudian orang itu mengulangi lagi perkataannya kepada beliau, maka beliau bersabda, “Terserah kamu, kalau begitu”. [HR. Abu Dwud]

عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ عَنْ رِجَالٍ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِيِّ ص بِهذَا اْلخَبَرَ. زَادَ: فَقَالَ النَّبِيُّ ص وَ الَّذِى بَعَثَ مُحَمَّدًا بِاْلحَقِّ، لَوْ صَلَّيْتَ هَاهُنَا َلاَجْزَأَ عَنْكَ صَلاَةً فِى بَيْتِ اْلمُقَدَّسِ. ابو داود
Dari Umar bin Abdurrahman bin Auf, dari beberapa orang laki-laki shahabat Nabi SAW meriwayatkan dengan hadits ini, dan dia menambahkan : Maka Nabi SAW bersabda, “Demi Dzat yang mengutus Muhammad dengan haq, kalau kamu shalat di sini, tentu cukup bagimu sebagai pengganti shalat di Baitul Maqdis”. [HR. Abu Dawud]

6. Orang yang suka bernadzar itu biasanya orang bakhil

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: اَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَوْمًا يَنْهَانَا عَنِ النَّذْرِ وَ يَقُوْلُ: اِنَّهُ لاَ يَرُدُّ شَيْئًا، وَ اِنَّمَا يُسْتَخْرَجُ بِهِ مِنَ الشَّحِيْحِ. مسلم
Dari Abdullah bin Umar RA, dia berkata : Pada suatu hari Rasulullah SAW melarang kami dari bernadzar dan beliau bersabda, “Sesungguhnya nadzar tidak bisa menolak sesuatu, dan hanyasanya dengan nadzar itu sesuatu dikeluarkan dari orang bakhil”. [HR. Muslim]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ ص اَنَّهُ قَالَ: النَّذْرُ لاَ يُقَدِّمُ شَيْئًا وَ لاَ يُؤَخِّرُهُ وَ اِنَّمَا يُسْتَخْرَجُ بِهِ مِنَ اْلبَخِيْلِ. مسلم
Dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi SAW bahwasanya beliau bersabda, “Nadzar itu tidak bisa menyegerakan sesuatu dan tidak bisa mengundurkannya. Sesungguhnya dengan nadzar itu dikeluarkan sesuatu dari orang yang bakhil”. [HR. Muslim]


Demo Blog NJW V2 Updated at: 00:00

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik, & nama blog) otomatis tidak akan muncul. Silahkan di Copy dan di Share kalau di rasa bermanfaat tidak perlu izin. Jika menginginkan Link Tinggalkan alamat Email, Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Thx